HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 MUKOMUKO

Penulis

  • Sucie Alenta Putri Universitas PUtra Indonesia YPTK Padang
  • Linda Fitria Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Yuliawati Yunus Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Kata Kunci:

Kecanduan Game online, Motivasi Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecanduan game online dengan motivasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 3 Mukomuko. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 127 orang. Teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah stratified random sampling, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 96 orang. Berdasarkan instrument yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket yang disusun menurut model skala likert. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan SPSS dan Microsoft Excel. Berdasarkan hasil penelitian nilai rhitung 0,837 > rtabel 0,198 maka dapat disimpulkan bahawa terdapat hubungan yang signifikan antara kecanduan game online dengan motivasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 3 Mukomuko.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-29