PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MATEMATIKA BERBASIS STEM MENGGUNAKAN PLOTAGON STUDIO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI

Penulis

  • Wandi Saputra Universitas Jambi
  • Feri Tiona Pasaribu Universitas Jambi
  • Yelli Ramalisa Universitas Jambi

Kata Kunci:

Video, Plotagon, STEM, Berpikir Kreatif, Creative Thinking

Abstrak

Penelitian ini berfokus pada pengembangan video animasi matematika berbasis STEM (Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Matematika) dengan bantuan aplikasi Plotagon Studio. Plotagon Studio merupakan aplikasi pembuatan video animasi tiga dimensi yang dapat dioperasikan di perangkat smartphone maupun PC. Tujuan utama dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kreatif melalui pendekatan STEM dan video-video pembelajaran animatif. Prosedur penelitian yang diterapkan ialah model DDD-E dengan tahapan selektif dari tahap Decide, Design, Develop, dan Evaluate. Secara teknis, penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan video animasi Plotagon efektif dalam meningkatkan daya tarik pembelajaran, menghubungkan konsep matematika dengan dunia nyata, dan mendorong partisipasi aktif siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Islam Al-Falah Kota Jambi dengan subjek penelitian siswa-siswi kelas F3. Sementara instrumen yang digunakan ialah tes kemampuam berpikir kreatif, angket respon guru dan siswa, serta angket uji kevalidan yang meliputi aspek kevalidan materi dan desain. Data-data dari kedua jenis angket kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Pada kesimpulannya, Kevalidan video animasi Plotagon berbasis STEM pada materi Determinan dan Invers Matriks SMA berhasil teruji sangat valid dengan rerata skor 84,21% untuk kevalidan isi materi dan 83,07% untuk kevalidan desain. Video juga memperoleh kriteria sangat praktis berdasarkan analisis kepraktisan dengan rincian 91,42% pada uji perseorangan dan 90,66% pada uji kelompok kecil. Di sisi lain, uji kelompok besar memperoleh nilai 75,7%. Hasil demikian dapat menyimpulkan bahwa video yang dikembangkan diyakini mampu memberikan konten matematika yang akurat, serta pengalaman pengguna yang mudah dan memuaskan. Setali tiga uang, penggunaan video animasi juga dikatakan sudah cukup efektif meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan nilai N-Gain sebesar 66%.

 

This research focuses on developing STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) based mathematical animation videos with the help of the Plotagon Studio application. Plotagon Studio is a three-dimensional animated video creation application that can be operated on smartphones and PCs. The main aim of this research is to improve creative thinking skills through a STEM approach and animated learning videos. The research procedure applied is the DDD-E model with selective stages from the Decide, Design, Develop and Evaluate stages. Technically, this research proves that the use of Plotagon animated videos is effective in increasing the attractiveness of learning, connecting mathematical concepts with the real world, and encouraging active student participation. This research was conducted at Al-Falah Islamic High School, Jambi City, with research subjects being class F3 students. Meanwhile, the instruments used are creative thinking ability tests, teacher and student response questionnaires, as well as validity test questionnaires which include aspects of material and design validity. Data from both types of questionnaires were then analyzed descriptively qualitatively. In conclusion, the validity of the STEM-based Plotagon animation video on SMA Determinants and Inverse Matrix material was successfully tested as very valid with an average score of 84.21% for material content validity and 83.07% for design validity. The video also obtained very practical criteria based on practicality analysis with details of 91.42% in the individual test and 90.66% in the small group test. On the other hand, the large group test obtained a score of 75.7%. These results can conclude that the video developed is believed to be able to provide accurate mathematical content, as well as an easy and satisfying user experience. For three dollars, the use of animated videos is also said to be quite effective in increasing students' creative thinking abilities based on the N-Gain value of 66%.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-29