PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAME KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS VIII MTS LABORATORIUM UINSU MEDAN
Kata Kunci:
Game Kahoot, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengamati sejauh mana pengaruh penggunaan media Game Kahoot terhadap hasil belajar IPS kelas VIII MTS Laboratorium UINSU Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yaitu penelitian kuantitatif eksperimen semu atau biasa juga disebut dengan Quasi Eksperiment. Metode ini terdapat dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang berjumlah 46 siswa diberi perlakuan menggunakan media Game Kahoot dan kelompok kontrol yang berjumlah 45 siswa diberi perlakuan media buku paket pelajaran IPS (Konvensional). Setelah data diperoleh selanjutnya dianalisis dengan pengolahan data statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan hasil belajar sebesar 82,43 untuk kelas eksperimen, dan 66,98 untuk kelas kontrol. Berdasarkan hasil temuan penelitian mengindikasikan bahwa penggunaan media game kahoot memeberikan kontribusi positif. Hal ini ditandai oleh R2 yang diperoleh hanya sebesar 0,21 % sementara sisanya 99,79 % dipengaruhi oleh variabel lainnya. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh hasil belajar siswa antara VIII-1 yang menggunakan Media Game Kahoot dengan siswa kelas VIII-2 yang tidak menggunakan Media Game kahoot. Dari hasil penelitian merekomendasikan media Game Kahoot karena dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, sebaiknya dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran pada mata pelajaran IPS.