Penerapan E-logbook Sebagai Sistem Penilaian Kinerja Kompetensi Perawat Klinik: A Literature Review

Penulis

  • Ulfa Khoyrunnisa Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Indonesia

Kata Kunci:

Electronic Logbook, Clinical Competence

Abstrak

Pendahuluan: Logbook  kompetensi dijadikan sebagai bukti rekam perawat telah melakukan tindakan keperawatan berdasarkan kewenangan kompetensi klinis tiap jenjang karier. Logbook  kompetensi di berbagai rumah sakit masih dalam bentuk manual. Hal itu menyebabkan pengisian logbook  belum optimal, karena resiko hilang, dan kurangnya motivasi perawat dalam pengisian logbook  kompetensi tersebut. E-logbook   merupakan solusi untuk mempermudah perawat dalam pengisian logbook  karena dapat diakses melalui smartphone, serta tidak ada batasan waktu dan tempat dalam pengisiannya.

Tujuan: Memberikan gambaran dan gagasan dari hasil literature review tentang penerapan E-logbook   sebagai sistem penilaian kinerja kompetensi perawat klinik.

Metode: Literature review adalah suatu studi yang dilakukan untuk menganalisis literatur-literatur yang telah dipilih dari berbagai sumber hingga menjadi sebuah satu kesimpulan ide baru. Jurnal yang digunakan dalam studi ini adalah jurnal-jurnal yang membahas mengenai topik dengan 2 (dua) kategori kata kunci yaitu; 1) Electronic Logbook ; dan 2) Clinical Competence. Penelusuran jurnal akademik melalui Online Database  diantaranya: Clinical Key, ProQuest dan Google Scholar dari tahun 2018- 2023.

Hasil: Dari hasil telaah dan review 11 jurnal pilihan, didapatkan kesimpulan bahwa penerapan E-logbook   sebagai salah satu upaya memudahkan perawat dalam pengisian logbook  kompetensi sehingga kompetensi klinis perawat dapat terekam dengan baik, memudahkan penilaian kinerja kompetensi perawat sesuai dengan kewenangan klinisnya.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30